Si Pengendali

alat dar1 Kita semua tau, escavator adalah sebuah mesin yang menjadi kepanjangan tangan manusia. Dengan tangannya yang memiliki berjuta kali kekuatan tangan manusia sanggup melakukan pekerjaan yang tidak mampu dilakukan oleh tangan “telanjang” manusia.

Adapun tugas-tugas escavator adalah :

Menggali tanah untuk kemudian membangun pondasi raksasa, guna menopang bangunan paling tinggi di dunia.

Menggali tanah untuk membuat banjir kanal, menjadi sebuah sungai, guna menampung kelebihan air ketika musim hujan tiba. Agar air sungai tidak seenaknya memasuki rumah-rumah manusia. Meskipun manusia sudah seenaknya mendirikan bangunan di atas alur yang sejak jaman dahulu kala menjadi jalan aliran sungai.

Menggali dan mengupas gunung-gunung untuk menemukan sumber bahan galian A, B, maupun C. Seperti batubara, batu gunung, batu kapur, dan pasir. Setelah itu, gunung-gunung dibiarkan menganga, tanpa memikirkan reklamasi. Bahkan gunung bisa disulap menjadi danau alih-alih reklamasi. Dengan kepandaian bersilat lidah sang Public Relation pemilik PKP2B maupun KP, mengatakan bahwa danau-danau itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk budidaya ikan. Jadi tidak perlu menutup kembali lubang bekas galian itu (reklamasi).

Menghancurkan rumah-rumah dan bangunan yang menurut penguasa mengganggu estetika, mengganggu Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Walaupun bangunan itu sudah berdiri sejak jaman kemerdekaan, dan sudah membayar retribusi kepada para penguasa.

Bagaimanapun gagah dan kuatnya sebuah escavator, hanya akan menjadi besi rongsokan tanpa manusia yang menjalankannya. Escavator akan menjadi TENAGA PEMBANGUN atau TENAGA PENGHANCUR, tergantung dari HATI dan tujuan dari MANUSIA yang mengoperasikannya.

Demikian juga sebuah institusi, lembaga negara yang POWERFULL dan SUPERBODY… Akan bekerja apabila dikendalikan oleh MANUSIA yang ada di dalamnya. Namun, apakah institusi itu akan menjadi LEMBAGA PEMBANGUN atau PENGHANCUR, tergantung niat dan tujuan SI PENGENDALI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s