Memilih water purifier

Era transparansi dalam setiap sisi kehidupan, ternyata tidak membuat para pelaku bisnis curang urung menggunakan trik-trik licik dalam menjerat korbannya.

Dengan iming-iming undian berhadiah yang pada akhirnya memaksa korban untuk membeli hadiah itu.

Pada awalnya saya bertujuan untuk mencari spare part dari water purifier yang pernah dibeli lima tahun yang lalu “pernah jadi korban juga”. Alih-alih diberikan sparepart, malah dijadikan bulan-bulanan aktor amatiran counter di sebuah Plaza di Blok M.

Pertama-tama, saya (korban) disodori hadiah gratis berupa sabun, bell, alarm pintu, dsb.

Kedua, korban disuruh memilih amplop, yang setelah dibuka katanya mendapatkan Pass VIP.

Ketiga, apa pass VIP itu? disodorilah saya telpon yang katanya dari kantor pusat, yang mengatakan sebentar lagi akan ada fax yang berisi hadiah..bla..bla..bla…

Keempat, datanglah fax itu, untuk meyakinkan korban, sang aktor menunjukkan validitas fax.

Kelima, disebutkanlah hadiah-hadiah dan disodorkan kehadapan korban, didukung oleh aksi para figuran dengan decak kekaguman, salam kebahagiaan. juga dikatakan bahwa korban punya kesempatan menjadi pemenang hadiah utama “grand livina” dengan suara lantang bak host undian di tivi. Disusul ucapan salam dari para figuran. Untuk itu korban diminta berfoto. Tapi korban menolak “karena punya pengalaman”, korban langsung meminta selesaikan dulu presentasinya kepada para aktor itu.

Keenam, keluarlah inti dari semua sandiwara itu. Korban akan mendapatkan semua dengan membeli salah satu produk.

Dengan barang yang didapat :

1. Kompor listrik

2. Air purifier

3. Satu set sendok garpu dari jerman

4. Water purifier (yang mesti dibeli)

Korban minta ditunjukkan price list harga produk tersebut. WAW… luar biasa, harganya U$ 1000, sebuah water purifier, yang dulu (lima tahun lalu) korban pernah ketipu dengan harga Rp. 5 juta. Total yang harus dibayar adalah sekitar Rp.10.000.000,- setelah dikurangi Rp.2.000.000,- dari voucher yang difax tadi jadinya Rp.8.000.000,-

Karena korban gak punya uang, korban minta maaf kepada para aktor dan figuran itu, karena telah membuang waktu mereka untuk bersandiwara.

Setelah saya coba buka referensi, inilah faktanya :

maniak_inexpure_crystalline_water_inexpure 

Barang ini yang ditawarkan seharga U$ 1000. Namun sayang sekali, tidak ada informasi resmi di internet mengenai produk ini. Setelah saya liat di internet :

http://pasangiklangratis.com/iklan/inexpure-crystalline-water.html cuma menawarkan Rp.1.500.000,-

http://www.berniaga.com/Inexpure-crystalis-water-filter-8029631.htm cuma menawarkan Rp.2.000.000,-

Jadi sebenernya, hadiah-hadiah yang ditawarkan itu termasuk yang dikenakan biaya.

LIHAT PERBANDINGAN UNTUK PRODUK YANG SAMA DI BAWAH INI :

ox920_large

http://www.oxone-online.com/product-detail.asp?groupId=3&catId=17&id=176 harga yang ditawarkan Rp.890.000,- (harga grosir bisa lebih murah lagi)

969738_kw1

http://indonetwork.net/jaya_abadi_hm2/group+53987/mineral-water-pot.htm harga yang ditawarkan Rp.300.000,-

———————————————————————————-

Jadi, apakah modus diatas sudah memenuhi unsur sebuah bisnis curang atau tidak? YANG JELAS MEREKA BERADA DI PLAZA TERSEBUT BERTAHUN-TAHUN LAMANYA. Jadi mungkin dianggap SAH-SAH saja oleh yang “mbahu rekso”

Kita kembalikan ke diri kita masing-masing, relakah keluarga kita membeli barang karena cara-cara seperti itu. Walaupun transaksi terjadi atas dasar suka sama suka, sesal kemudian tak ada gunanya.

One thought on “Memilih water purifier

  1. aq baru aza kemarin mengalami hal yang sama,,,, dengan mudahnya say mengeluarkan duit,, padahal awalnya saya juga ga yakin klo itu bener ato ga,,, tapi karena salesnya saaaaaangaaat meyakinkan jadi saya percaya aza,,, sekarng saya sdh bawa blender dan sauna bell dengn harga 600.000, klo tau itu tipuan saya ga bakal deh mau ambil itu barang,,, hmmm kira2bisa ga yaaah duitnya balik gi? karena ternyata setelah saya search di google bukan cuma saya yang kena tipu tapi buaaanyaaak korban2 yang lain,,, dunia ini memang kejam,, hmmmm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s