Tiga Kapolres Akui Dipotong Rp 1 Miliar

http://megapolitan.kompas.com/read/2010/12/16/15121660/Tiga.Kapolres.Akui.Dipotong.Rp.1.Miliar-4

——-

PEMILUKADA JAWA BARAT

Kamis, 16 Desember 2010 | 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga mantan kepala kepolisian resor di Jawa Barat mengakui adanya pemotongan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat tahun 2008 yang diterima dari Kepolisian Daerah Jawa Barat. Pengakuan itu disampaikan saat sidang terdakwa Komjen Susno Duadji di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (16/12/2010).

Mereka yang bersaksi adalah Hedi Mustofa (mantan Kapolres Cirebon), Rusdi Hartono (mantan Kapolres Garut), dan Aris Syarif Hidayat (mantan Kapolres Ciamis). Sembilan saksi lain yang dipanggil jaksa penuntut umum tidak hadir.

Mereka mengaku adanya selisih antara uang yang diterima dan jumlah dana di kuitansi saat penyerahan tahap IV. Hedi mengaku ada selisih Rp 307 juta, Rusdi mengaku ada selisih Rp 315 juta, dan Aris mengaku ada selisih Rp 400 juta. Informasi pemotongan itu mereka terima dari bendahara satuan kerja seusai mengambil dana ke Bidang Keuangan Polda Jabar.

Menurut mereka, pihak Bidang Keuangan yang dipimpin oleh Kombes Abdurrahman Pasha memerintahkan menandatangani kuitansi serta membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran sesuai dengan dana yang tertera di kuitansi.

Alasan mereka mau melakukan itu berbeda-beda. Hedi mengaku mau menerima lantaran berpikir sisa dana akan digunakan untuk pemilu tahap II. Selain itu, dia menerima karena polres lain mengalami hal yang sama. “Kami sebagai kapolres waktu itu pikir situasi karena waktu itu lagi banyak demo,” kata dia.

Rusdi mengaku menerima pemotongan setelah tahu polres lain ikut dipotong. Adapun Aris mengaku menerima lantaran berpikir sisa dana akan diberi setelah pemilu selesai. “Kenyataannya ada ngga?” kata Charis Mardiyanto, ketua majelis hakim. “Tidak,” ujar Aris.

Ketiganya mengaku tidak tahu atas perintah siapa dana itu dipotong dan untuk apa dana digunakan. Mereka hanya mengetahui pemotongan itu kebijakan pihak Bidang Keuangan Polda Jabar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s