Kapolri Komitmen Cari Alat Bukti Jerat Perusahaan Penyuap Gayus

http://www.detiknews.com/read/2010/12/17/125040/1527167/10/kapolri-komitmen-cari-alat-bukti-jerat-perusahaan-penyuap-gayus?9911012

——

Jumat, 17/12/2010 12:50 WIB

Aprizal Rahmatullah – detikNews

Jakarta – Hingga kini perusahaan penyuap Gayus Tambunan belum satu pun tersentuh polisi. Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo meyakinkan bahwa penyidik terus berupaya untuk mencari alat bukti.

“Begini ya semua yang pelanggaran apa pidana, korupsi, komitmen polisi dengan langkah-langkah penegakan hukum,” kata Timur sebelum acara Budaya Polri Masa Kini dan Masa Depan di Auditorium STIK Lemdikpol, Jl Tirtayasan, Jaksel, Jumat (17/12/2010).

Timur mengatakan, kasus Gayus masih terus ditelusuri dan dicari asal muasal penyuapannya. Namun, Polri mengaku kesulitan untuk menjerat penyuap Gayus.

“Tapi tentunya sekali lagi fakta dan alat bukti yang harus kita optimalkan, tapi yang jelas itu adalah komitmen yang akan kita terapkan,” tegasnya.

Dalam persidangan, Gayus pernah mengaku memberikan bantuan kepada perusahaan Grup Bakrie, yakni PT Kaltim Prima Coal (KPC), PT Bumi Resources, dan PT Arutmin terkait urusan Pajak. Imbalan yang dia terima mencapai puluhan miliar rupiah.

Gayus menyampaikan itu saat bersaksi untuk terdakwa Andi Kosasih, terkait kasus mafia Pajak. Uang Gayus itu diperoleh Gayus dalam beberapa kesempatan, dia membantu membuat surat
ketetapan Pajak PT KPC, membantu membuat surat banding dan surat bantahan untuk PT Bumi Resources dalam menghadapi Pengadilan Pajak, dan juga membantu PT Arutmin dalam hal Pajak.

“Saya juga membuat SPT tahunan dalam rangka Sunset Policy dari Kaltim Prima Coal dan Arutmin. Yang ketiga diberi US$ 2 juta,” ungkapnya.

Dalam rekonstruksi yang dilakukan kepolisian uang diberikan oleh Alif Kuncoro (sudah divonis hakim terkait suap kepada Kompol Arafat). Alif berhubungan dengan Imam Cahyo Maliki yang juga seorang konsultan pajak. Imam kini keberadaannya tidak diketahui.

Sebelumnya, PT KPC, PT Bumi Resources dan PT Arutmin sudah pernah membantah pengakuan Gayus. Mereka menyatakan tidak pernah memberi imbalan apapun kepada Gayus Tambunan terkait dengan permasalahan pajak. Selain 3 perusahaan ini ada sejumlah perusahaan lainnya yang belum diungkap Gayus.

(ape/ndr)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s