Mabes Polri Pertanyakan Rencana KPK Panggil Edmon dan Raja

http://www.detiknews.com/read/2011/01/26/170254/1555187/10/mabes-polri-pertanyakan-rencana-kpk-panggil-edmon-dan-raja

—–

Rabu, 26/01/2011 17:02 WIB

Moksa Hutasoit – detikNews

Jakarta – Mabes Polri mempersilakan KPK meminta keterangan Brigjen Raja Erisman dan Brigjen Edmon Ilyas dalam kasus Gayus Tambunan. Namun terlebih dahulu harus jelas untuk kasus yang mana dan dalam kapasitas apa KPK memanggil dua mantan Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim itu.

Demikian tanggapan Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Ito Sumardi, mengenai rencana KPK meminta keterangan Raja Erisman dan Edmon Ilyas. Dia dicegat wartawan di Kantor Ditjen Pajak, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (26/1/2011).

“Bagi kita kan ada prosedurnya, ada data awal duhulu. Data awal apa, namanya terkait pada indikasi seseorang yang memamg kasus ini ditangani oleh KPK,” jawab Ito.

Maka dari itu dia menyarankan agar KPK menyampaikan klarifikasi terlebih dahulu terhadap rencana pemanggilan tersebut. Bagaimana pun juga setiap tindakan hukum yang diambil oleh lembaga penegak hukum, sekalipun itu hanya meminta keterangan, harus ada dasar hukum yang jelas.

“Kita tidak akan menghalang-halangi kalau memang semua ada indikasi keterlibatan pidana. Polri tetap mengikuti peraturan yang berlaku di masyarakat sipil. Tetapi tetap kedepankan azas praduga tak bersalah dan miliki alat bukti yang cukup,” papar Ito.

Seperti diberitakan sebelumnya, tim penyidik KPK berencana memanggil Edmon Ilyas dan Raja Erisman. Dua orang mantan petinggi Mabes Polri itu akan dimintakan keterangannya tentang prosedur pencabutan blokir rekening bank atas nama Gayus Tambunan yang nilainya tergolong fantastis untuk ukuran seorang PNS.

(mok/lh)

—–

Suporter NBA : “Defence…Defence…Defence…!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s