Newbie – Build A Bike

Beberapa minggu berfikir dan mencari informasi untuk mencari sepeda apa yang cocok dihati, dimata, di medan, dan yang paling penting di kantong. Bertanya kepada beberapa kolega di kantor, juga brosing di beberapa web sepeda diantaranya sepedaku.com sepedamtb.com unitedbike.com id.polygoncycle.com bukalapak.com kaskus.us rodalink.com akhirnya saya mendapatkan keputusan…

bahwa semakin banyak informasi… semakin banyak bingunglah saya…

Disatu blog pesepeda saya mendapatkan saran… tepatnya “mencuri” saran… sebaiknya untuk pesepeda newbie lebih baik memilih fullbike dan datang langsung ke toko-toko sepeda.

Pertimbangan lain adalah… sepeda itu akan saya gunakan untuk kegiatan apa saja… kemudian saya membuat list di memory :

1. Bike To Kantor

2. Bike To Car Free Day (Sudirman-Thamrin & Kuningan)

3. Bike To Telaga Warna (baru katanya temen di kantor..🙂 sama liat2 di yutub juga baca-baca cerita pesepeda di blog-blog)

4. Bike To Rindu Alam (sda)

5. Bike To Somewhere-lah

Melihat lihat sepeda milik kolega di kantor, akhirnya saya tertarik pada satu sepeda berwarna putih elegan… lekuk-lekuk frame yang aduhai… saya membayangkan berada di atasnya… berkeliling jakarta-ancol-monas… kring-kring gowes-gowes…

Ternyata siputih itu bernama Patrol 512

Dihari sabtu yang indah, saya mencoba berjalan-jalan menyambangi beberapa store sepeda… akhirnya saya menemukan sang Patrol 512 menggantung di salah satu toko… saya “liak lieuk” mencari yang utuh… fullbike-nya… ternyata memang tidak disiapkan fullbike, kata si engkoh, harus dirakit dulu.

Owkeh deh… “coba itung koh…”, si engkoh kemudian bikin coret-corat… “Frame Patrol 512 3,7; Grup set alivio 2,2…” “yang deore ada gak koh?” “waduh lagi kosong” “okeh deh” “Fork Titan Remote 1,4…” dst, si engkoh menghitung sambil melihat-lihat sepeda yang ada untuk mengingat-ingat part sepeda yang akan dibangun.

Akhirnya inilah pengeluaran saya untuk Patrol 512 fullbike :

No. –  Jenis – Merek – Unit / Set – Harga

1 – Frame – Patrol 512 – 1 – Rp3.700.000

2 – Group Set – Alivio – 1 – Rp2.200.000

3 – Fork – Titan Remote – 1 –  Rp1.400.000

4 – Pedal Cleat – Shimano – 2 – Rp430.000

5 – Hub Freehub – Diore – 2 – Rp360.000

6 – Tire 26,5×2,1 – Maxim – 2 – Rp350.000

7 – Rims – Alexrim – 2 – Rp320.000

8 – Spoke – x –  2 – Rp160.000

9 – Rim Tape – x –  2 – Rp50.000

10 – Tube – x – 2 – Rp50.000

11 – Housing Cable – x – 2 – Rp150.000

12 – Sadle – x –  1 – Rp130.000

13 – Seat Clams – x –  1 – Rp130.000

14 – Seat Post – Uno – 1 – Rp100.000

15 – Handle Bar – Uno – 1 – Rp120.000

16 – Grip – United – 1  – Rp120.000

17 – Stem  – x –  1 – Rp95.000

18 – (Gak Jelas)  – x – x –  Rp60.000

19 – Spacer – x –  6 – Rp50.000

20 – Kondom  (kata siengkoh)   – x – x – Rp30.000

21 – Ongkos Pasang – x – x – Rp100.000

Total Rp10.105.000

Hmmm… saya pribadi siy puas dengan Patrol 512 yang saya bangun…

Ketika pertama kali sampe di kantor… kolega saya memberikan input… “wah segitu mah kemahalan” “no comment”

Pada waktu membangun saya tidak lagi berfikir untuk tawar menawar dengan si engkoh… apalagi berfikir untuk mencari sendiri sparepart dengan harga murah… karena yang saya fikirkan waktu itu adalah… saya ingin sepeda “siputih” Patrol 512 a.s.a.p.

Alhamdulillah… saya sudah mulai bike to work, setelah tertunda sekitar … mmmh… 3 taun… Puasa Ramadhan jalan… gowes juga tetep jalan…

Persiapan next journey for the newbie…

Tinggalkan Balasan

